5 Jurusan Kuliah Paling Sulit di Perguruan Tinggi Indonesia

Mungkin banyak sobat yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, dan bingung menentukan tujuan. Informasi tentang Jurusan Kuliah Paling Sulit dipelajari akan kami bahas disini. Bukan berarti sobat tidak boleh mengambil jurusan ini, Informasi ini hanya untuk sebagai pertimbangan sobat dalam memilih jurusan. 

kuliah di perguruan tinggi
kuliah di perguruan tinggi

Hal yang harus diketahui, Untuk diijinkan kuliah di perguruan tinggi di Indonesia, seseorang membutuhkan waktu sekitar 9 tahun setelah lulus pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Memilih profesi di Indonesia cukup sulit untuk sesuai miat sobat dan mengingat ada beberapa jurusan yang tampak menantang dan ada yang tidak.

Jurusan Kuliah Paling Sulit di Perguruan Tinggi

Sekedar info saja Bukan berarti ada jurusan yang tidak sulit untuk dijalani, karena pastinya tiap jurusan mempunyai kesulitan masing-masing tapi kalau ada kemauan pasti ada jalan. Kemudian lagi, ada beberapa jurusan yang mewajibkan kerja keras, tekad, dan komitmen untuk menghadapinya.

Postingan berikut ini akan memberitahu informasi pada sobat, sehingga membantu sobat untuk menentukan langkah yang tepat dalam mengambil jurusan kuliah.

Berikut adalah daftar jurusan yang membutuhkan kerja keras, tekad, dan dedikasi untuk melewatinya. Berikut lima jurusan tersulit yang ada di Indonesia dilansir dari listabuzz.com

1. Jurusan Kuliah Paling Sulit – Kedokteran dan Bedah

Hal pertama yang menjadi perhatian adalah Mengorbankan kehidupan sosialmu adalah satu hal yang mesti sobat lakukan saat kamu mengambil jurusan ini. Untuk lulus dengan nilai yang baik, kamu harus memusatkan perhatian dan konsentrasi sepenuhnya pada kuliahmu. Bayangkan aja, kuliah selama delapan jam sehari dengan mata kuliah yang membuat kepalamu pusing.

Baca Juga:  Ahok Pilih Djarot Syaiful Hidayat Sebagai Cawagub DKI Jakarta

Patologi, anatomi, dan mata kuliah-mata kuliah lain yang mesti sobat ambil agar kamu bisa lulus, dan harus kamu selesaikan. Kalau kamu tidak terlalu cerdas dan punya tekad yang kuat, jangan pernah ambil jurusan ini. Tantangan utama yang kamu hadapi nantinya adalah memenuhi tuntutan masa depan di jurusan ilmu kesehatan. Dibutuhkan 5-6 tahun untuk menyelesaikan kuliah di jurusan ini.

2. Jurusan Kuliah Paling Sulit – Matematika dan Statistika

Seperti namanya, matematika telah melekat dengan kesan sulit ya sob. Memahami matematika mewajibkan kerja keras dan pengabdian. Karena itu, Sobat perlu menginvestasikan waktu dan usaha untuk memahami bahasa matematika yang dipenuhi rumus, teori, angka. Tidak heran, kalau sobat tidak terlalu menyukai matematika, Sobat dipastikan akan frustasi.

3. Arsitektur

Arsitektur tak hanya menuntutmu untuk sobat bisa menggambar dan mendesain saja loh, namun juga memecahkan masalah struktural. Kamu harus akrab dengan matematika, ilmu pengetahuan alam, dan seni dalam hal yang sobat butuhkan untuk mengambil jurusan ini. Kalau sobat mau ambil jurusan ini, siap-siaplah membuat satu ruangan khusus untuk studiomu sendiri.

Baca Juga:  Pesan Keluarga Korban Adam Air Pada Keluarga Korban AirAsia

4. Farmasi

Adalah salah satu jurusan yang paling banyak diincar oleh banyak pelajar di Indonesia. Kamu harus mempunyai nilai yang tinggi agar dapat diterima belajar farmasi di universitas manapun di Indonesia. Sobat pun harus mempunyai pengetahuan yang baik di jurusan Biologi dan Kimia. Jelas Sobat harus bekerja keras jika ingin lulus di jurusan ini. Sobat harus memberikan waktu diakhir pekan untuk menyelesaikan laporan praktikum yang bertumpuk.

5. Ilmu Ekonomi

Dengan semakin majunya zaman, ekonomi menjadi jurusan yang prestisius dan menjanjikan. Meski terdengar remeh, ekonomi sebenarnya cukup sulit loh sob. Juga, untuk memahami perilaku manusia dalam prinsip ekonomi. Sobat mesti memahami banyak hal untuk lulus di jurusan ini. Kalau sobat benar-benar ingin mengambil jurusan ini, pastikan kamu siap untuk terampil secara verbal, konsisten, dan berkemauan keras.

Nah, sobat sudah mempunyai bayangan kan, tentang jurusan apa yang mau diambil. Sekarang sobat sudah tahu jurusan apa saja yang kemungkinan sulit untuk diambil, tetapi kalau memang sudah cita-cita ya jangan menyerah begitu saja.

Itulah beberapa informasi tentang jurusan kuliah yang dapat membantu sobat mengambil keputusan, sehingga sobat dapat menentukan keputusan tanpa rasa khawatir lagi. Demikianlah informasi dari kami untuk sobat sekalian.

(liputan6)

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Menyukai situs ini? Silakan share :)