16 Cara Agar Rumah Jadi Sejuk dan Nyaman Tanpa AC

Berikut ini uraian selengkapnya mengenai Cara Agar Rumah Jadi Sejuk dan Nyaman Tanpa AC untuk sobat sekalian. Akhir-akhir ini cuaca memang jadi agak panas, khususnya bagi sobat yang tinggal di daerah perkotaan. Berbagai hal dapat memicu rumah sobat terasa panas dan gerah, seperti kurangnya jendela, ventilasi, atau langit-langit yang rendah. Akhirnya, memaksa kita untuk menggunakan AC sehingga itu akan mengeluarkan biaya.

Rumah Sejuk Tanpa AC
Rumah Sejuk Tanpa AC

Suhu panas membuat kita tidak betah berada dalam rumah dan jadi ingin keluar rumah terus, tapi Banyak juga yang menggunakan pendingin udara (AC) sebagai jalan pintas ketika rumah kita terasa panas atau gerah.

Buat sobat yang sedang mencari informasi tentang Cara Agar Rumah Jadi Sejuk. Kabar baiknya, postingan ini akan memberi info yang sobat butuhkan. Artikel ini memberikan informasi tentang Cara Agar Rumah Jadi Sejuk dan Nyaman Tanpa AC. Mari kita lihat dibawah ini selengkapnya:

Tips Cara Agar Rumah Jadi Sejuk Tanpa AC terbaru untuk anda:

Apakah sobat ingin mencoba membuat rumah jadi sejuk dan adem dengan mudah, bagi sobat yang ingin mengurangi anggaran dan lebih banyak tagihan listrik serta ramah lingkungan, pastikan sobat Lihat info berikut dengan cermat. Karena ada beberapa hal yang harus sobat perhatikan. Jadi Pastikan sobat menyimak artikel ini dengan seksama.

1. Langit-langit tinggi

Langit-langit yang rendah membuat rumah sobat terasa sempit dan menyesakkan. Sebaliknya, plafon tinggi akan membuat suasana ruangan tampak lebih luas dan terasa sejuk.

Meninggikan langit-langit sehingga membuat ruang terbuka untuk atap juga dapat menjadi pilihan untuk sobat lakukan. Selain Mengurangi panas, Sobat dapat menggunakan lapisan aluminium foil dipasang di bawah genteng atap rumah.

2. Rongga di bawah atap anti panas

Cara lain yang dapat sobat lakukan yaitu membuat rongga di bawah atap supaya dapat mengusir radiasi panas dari daerah loteng. Hal ini dapat diterapkan bila rumah sobat memiliki bentuk atap datar yang menempel ke bangunan tetangga dan efektif juga pada atap berbentuk sandar tanpa plafon.

3. lubang di gunungan membuat ruangan dingin

Buatlah lubang di atap berbentuk pelana. Namun, daripada membuat lubang sembarangan, tapi lubang udara mengalir sehingga rumah tidak panas dan pengap.

Sobat dapat membuat lubang udara sesuai selera. Misalnya, Sobat dapat membuat sebuah lubang dalam bentuk segitiga dan bujur sangkar. Namun, ini masih disesuaikan dengan desain rumah yang sobat punya.

Jumlah lubang angin juga disesuaikan dengan iklim bangunan, jika sobat tinggal di daerah pegunungan tidak memerlukan banyak ventilasi. Lain halnya dengan iklim di daerah perkotaan yang cenderung panas.

Baca Juga:  Cara Lucid Dream dan Manfaatnya

4. Cukup bukaan

Rumah sobat juga harus memiliki banyak bukaan atau celah yang memungkinkan udara secara alami masuk. Ini bisa menjadi solusi untuk sobat yang punya rumah dengan langit-langit yang lebih rendah.

5. Cara Agar Rumah Jadi Sejuk dengan Ventilasi silang

Rumah Jadi Sejuk Tanpa AC
ventilasi silang

Jendela dalam satu ruangan tampaknya tidak cukup. Supaya pertukaran udara dalam rumah berjalan baik, perlu dibuat ventilasi silang (cross ventilation), setidaknya dengan dua buah jendela atau lubang angin yang berhadapan tempat udara keluar dan masuk.

6. Dinding Styrofoam

Dinding Styrofoam
Dinding Styrofoam

Kebanyakan Dinding styrofoam digunakan dalam studio rekaman sebagai peredam suara musik. Namun, ternyata struktur styrofoam yang terdiri dari butiran ini da tidak bisa menghantarkan panas. Hal ini membuat styrofoam jadi isolasi termal yang baik yang bila sobat gunakan untuk rumah dapat menyerap panas.

7. Turbin Ventilator

Dipasang di atap rumah sobat bila mempunyai dana yang cukup, turbin ventilator dilengkapi dengan sirip-sirip untuk menangkap angin. Angin yang berhembus, ditangkap sirip dan mengalir ke ruang, sehingga sirkulasi udara di ruangan lancar dan ruangan rumah sobat menjadi adem.

8. Cara Agar Rumah Jadi Sejuk dengan Kaca Film

Ada beberapa jenis kaca film yang beredar di pasaran: ada yang hanya untuk menjaga privasi, keamanan rumah, dan untuk menolak panas matahari ke dalam rumah. Jenis kaca film ini sekarang mulai banyak orang gunakan di bangunan atau perumahan konsep eco-friendly — yang menginginkan sinar matahari tapi tidak membuat kamar menjadi gerah dan panas.

9. Perbanyak Tanaman

Selain mengurangi pemanasan global. Tanaman yang rindang ditanam sobat di Taman rumah yang dapat membuat rumah menjadi dingin. Namun, apa yang akan terjadi jika halaman rumah sobat terbatas? Solusinya, sobat dapat menanam tanaman merambat atau tanaman menggunakan yang merambat di dinding rumah atau pagar. Selain menciptakan suasana adem, tanaman juga memasok oksigen untuk penghuninya.

10. Gunakan kipas angin

Cara ini banyak digunakan oleh orang indonesia, he hehe. Suhu udara bergerak lebih rendah daripada udara yang diam. Pada malam hari untuk menempatkan kipas angin di jendela untuk membawa udara sejuk tapi jangan kencang-kencang nanti bisa masuk angin. Kipas di atap rumah juga dapat digunakan untuk mendinginkan udara dalam rumah sobat.

11. Mengubah kipas angin jadi AC.

bagaimana bisa kipas angin jadi ac? caranya mudah Tempat sewadah bongkahan es atau air dingin di depan kipas angin.

Baca Juga:  Cara Jual Rumah yang Efektif Harga Tinggi

12. Menemukan sumber panas

Cara lain yang harus diketahui sobat di samping untuk mendinginkan rumah adalah untuk menemukan penyebab yang membuat gerah dan panas. Biasanya rumah tangga dapat mengeluarkan panas yang berlebihan yang membuat kenaikan suhu kamar tanpa kita ketahui. Jika sobat pergi keluar, matikan semua peralatan listrik untuk mencegah  pengeluaran panas yang berkelanjutan dari alat-alat listrik tidak digunakan selain itu juga dapat menghemat listrik. Jika sobat menghabiskan lebih banyak waktu di rumah, cobalah sobat menggunakan peralatan yang menghasilkan panas hanya ketika udara/cuaca tidak sedang panas-panasnya.

13. kelembaban

Kelembaban membuat rumah sobat terasa lebih panas dan pengap. Mencuci pakaian kotor dan kain di pagi atau sore hari saja. Jika kamar mandi, Ruang cuci pakaian, atau dapur, buka ventilasinya. Cobalah menabung untuk membeli alat pengurangan kelembaban.

14. Penataan lansekap

Bila sobat ingin mengatur lansekap hunian, perhatikan juga pohon-pohon di sekeliling rumah. Tidak memotong pohon-pohon yang ada kecuali terpaksa. Tanam pohon yang kokoh (berakar naik), tanaman menjalar untuk tembok luar rumah. Hindari penggunaan batu yang dapat menyerap panas, seperti semen dan aspal, yang terlalu dekat ke rumah sobat.

15. Buat kolam

Elemen Air di dalam rumah selain menambah estetika, dapat juga digunakan untuk memberikan kesan sejuk dan adem. Akan lebih baik jika di sekitar kolam ditanam dengan tanaman dan rumput yang dapat menyerap panas dan menambah oksigen dalam rumah.

16. Gunakan lampu hemat energi

Sobat dapat mencoba menggunakan Lampu fluorescent yang akan menghabiskan lebih sedikit energi dan penggunaan lebih lama dari lampu model lama. Meskipun lebih mahal, dalam jangka panjang konsumsi energi akan kurang dan biaya lebih murah sehingga sobat dapat berhemat.

Itulah Cara Agar Rumah Jadi Sejuk dan Nyaman Tanpa AC. Sekarang sobat sudah tahu Cara Agar Rumah Jadi Sejuk yang dapat menjadi referensi, disini sobat bisa mendapatkan berbagai informasi menarik untuk dibaca. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dapat membantu dan berguna untuk sobat sekalian…

Selain Cara Agar Rumah Jadi Sejuk dan Nyaman Tanpa AC, kami memiliki banyak lagi info terbaik untuk Anda. Di sini, Anda dapat menemukan artikel dari banyak kategori yang berbeda, seperti resep, tips kesehatan kecantikan, teknologi dan banyak lagi.

Please follow and like us:

Menyukai situs ini? Silakan share :)